SALAH SIAPA?

13 02 2007

Seperti kita ketahui bencana yang menimpa negeri ini terus berkesinambungan, ribuan nyawa hilang sebagai korban. Lantas pertanyaan yang paling sering muncul adalah ini  salah siapa ?

Sebenarnya sebuah bencana atau musibah yang mengakibatkan hilangnya nyawa suatu kaum dari dulu sampai sekarang masih misteri. Ketidak mampuan akal manusia untuk mencernanya yang kemudian pada akhirnya menyerahkan kepada Tuhan dan itu merupakan jawaban paling gampang untuk menutupi ketidak mampuan ’nalar’ manusia didalam mencerna dan menyikapi sebuah musibah.

Biasanya untuk menyikapi hal demikian pikiran manusia hanya berputar-putar. Bahwa Tuhan Maha Benar. (inilah bagian puncak misterinya).  Andaipun itu perbuatan Tuhan, manuasia  juga tidak mungkin menyalahkan Tuhan, dan akhirnya manusia jugalah yang menjadi tempat tumpuan kesalahan. Benarkan demikian.?

Saya hanya berfikir sederhana. Sebuah musibah yang menimpa sebuah keluarga yang kadang kita temukan satu keluarga meninggal semua, adalah merupakan proses penghentian regenerasi dari keluarga tersebut. Artinya generasi dari keluarga tersebut tidak dikehendaki didunia. Mungkin dari suatu keluarga yang punya sejarah perilaku kekeliruan yang sedemikian parah didalam kehidupannya (belum ada risetnya sih..) Sehingga akan ditakutkan memiliki generasi yang lebih parah.

Tapi kalau hal ini menimpa suatu kaum. Adalah sesuatu yang jelas dilingkungan tersebut telah terjadi penyimpangan budaya yang salah yang sudah terakumulasi dan dilakukan tanpa disadari oleh seluruh lingkungannya. Disinilah letak misterinya.

Ingat peristiwa Kota Sodom and Gomorah didalam kitab2 terdahulu atau peristiwa Nabi Nuh..

Dan melalui tangan alam Tuhan menghendakiNYA. Hati-hatilah!


Actions

Information




%d bloggers like this: